impor.org

Info Impor Indonesia

 

Produk Lokal Vs Produk China

Posted on March 19th, 2011 by Lusi Maria Widjanarko

produk chinaAkhir-akhir ini terjadi persaingan ketat antara berbagai Negara dalam bidang ekpor impor. Zaman sekarang, jika tidak pintar menciptakan produk yang baru maka produk mereka akan tersingkir. Seperti contohnya produk Indonesia dengan produk Cina yang sedang panas beberapa tahun ini. Serangan produk Cina ke dalam pasar internasional telah menyingkirkan produk lokal. Penjualan produk Cina pun begitu mencengangkan, karena rata-rata penjualan produk china lebih tinggi daripada produk Indonesia. Produk Cina diminati mulai dari elektronik, mainan anak, kendaraan bermotor, hingga fashion.

Produk impor dari Cina banyak diminati masyarakat Indonesia beberapa faktor, yaitu harganya yang murah akibat produksi massal yang diterapkan oleh pihak Cina, penampilan yang bagus dan menarik untuk menarik calon pembeli membeli produk mereka, lebih inovatif untuk menjadi daya tarik, dan memiliki ciri yang unik. Hal ini tentu menarik perhatian khalayak umum untuk meliriknya. Di samping itu akibat pemerintah Indonesia menghapus biaya ekspor impor produk, menyebabkan harga produk china semakin murah dari harga aslinya.

Salah satu sektor yang dikuasai oleh cina adalah pasar produk elektronik. Produk-produk elektronik yang dihasilkan oleh Cina mempunyai lingkup yang besar mulai dari alat komunikasi elektronik, televisi, komputer, AC, dan peralatan iptek lainnya. Beberapa alat komunikasi yang sudah dikeluarkan oleh Cina antara lain, telepon genggam KTouch, Hitech, MyG, IMO, eTouch, Taxco, Beyond, Startech, Mito, Mixcon, Tocal, Blueberry, Skybe, dan Nexian. Semua produk china berupa telepon genggam tersebut terjual laris di pasaran Indonesia daripada produk lokal. Ini merupakan salah satu bukti bahwa ekspor impor Cina berada di masa kejayaannya.

Walaupun begitu, Indonesia juga mulai mengejar ketinggalannya dari Cina dengan mengeluarkan produk-produk elektronik salah satunya berupa notebook. Produk-produk notebook keluaran Indonesia memiliki keistimewaan sendiri salah satunya adalah Byon, Notebook keluaran Byon memiliki keunggulan yang tidak ditemui oleh notebook lain yaitu dapat mengganti komponen bagian dalam sesuka hati. Ada pula notebook Zyrex yang harganya cocok untuk kalangan menengah. Namun, tetap saja notebook lokal tidak dapat menyaingi notebook cina yang telah mendapatkan hak paten oleh perusahaan notebook besar seperti compact rekanan perusahaan besar HP.

Selain itu, begitu berkembangnya ekspor impor Cina di berbagai negara. Membuat Cina semakin melebarkan bisnis ekpor impor ke sektor yang lain, misalnya sektor kerajinan tangan, bahan makanan, dan kosmetik. Mereka pun menjual produk-produk tersebut dengan harga yang lebih murah dari harga asli. Dibalik harga yang murah tersebut, ada kekurangan yang sangat besar yang tidak ditemukan di produk-produk buatan Indonesia. Produk-produk china memiliki kelemahan di berbagai sektor, contohnya produk mainan anak, dan elektronik. Pada produk mainan anak yang diproduksi oleh Cina mengandung zat berbahaya yang berbahaya untuk anak-anak. Sedangkan pada barang elektronik Cina gampang sekali rusak dibandingkan dengan produk lokal.

Leave a Reply



  



  

  


XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
 
 

Copyright © 2009 impor.org. | Copyright 2009 | All Rights Reserved | Privacy Policy.