impor.org

Info Impor Indonesia

 

Berbagai Produk China Mulai Membanjiri Indonesia

Posted on March 11th, 2011 by Khaeri

iphone chinaBerbagai produk China membanjiri Indonesia setelah diresmikan ACFTA (ASEAN-China Free Trade Agreement). Berbagai produk makanan, kosmetik, obat-obatan, produk tekstil, elektronik, HP China, sepeda motor, sepatu China, hingga furnitur, semakin mendominasi pasar lokal. Persaingan dagang Indonesia dan China lebih ketat, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Pasar bebas dengan China berpengaruh besar pada omset penjualan produk lokal.

Membanjirnya produk China menggeser beberapa produsen ternama. Berbagai merk HP China, menjadi salah satu produk yang banyak diserbu pembeli. Hanya dengan ratusan ribu rupiah, konsumen bisa mendapatkan sebuah Handphone dengan fitur lengkap dan menarik. Produk sejenis, seperti iPhone China mulai beredar di pasaran, dengan harga jauh lebih murah dari pelopornya. Produk komputer, laptop, barang elektronik, dan perabot rumah tangga, semakin banyak dipasarkan di Indonesia. Dengan bea masuk Nol Rupiah, produk China semakin menguasai pasar lokal. Membanjirnya berbagai produk asal China, semakin memberikan banyak pilihan untuk konsumen Indonesia.

Produk tekstil asal China semakin mendominasi pasar Indonesia. Berbagai jenis pakaian, sandal, sepatu, tas, jam tangan, dan aksesoris, juga membanjiri pasar lokal. Produk dalam Negeri seolah tenggelam diantara membanjirnya produk asal China. Model yang bervariasi dan menarik menjadikan produk china tidak sepi dari peminat. Budaya masyarakat Indonesia yang konsumtif, menjadikan Indonesia target market yang sangat menguntungkan bagi China. Persaingan dagang yang sehat, diharapkan dapat membangkitkan semangat pengusaha lokal.

Dampak membanjirnya produk China paling dirasakan oleh pengusaha kecil dan menengah. Pelaku UKM lokal harus berpikir ekstra untuk mencegah kerugian yang lebih besar. Berbagai upaya harus dilakukan agar produk lokal tidak mati di pasaran, salah satunya dengan menurunkan harga. Sisi positif dari perdagangan bebas ASEAN dengan China adalah terciptanya motivasi bisnis. Pengusaha lokal dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan dan memasarkan produk. Beberapa jenis Handphone produk Indonesia, telah siap bersaing dengan HP China. Begitu juga dengan produk-produk Industri rumahan yang semakin siap bersaing dengan produk dari China. Untuk dapat mengikat konsumen, produk berkualitas dan harga bersaing dapat dijadikan sebuah solusi.

Produk dari China yang membanjiri Indonesia, tidak semuanya sukses dipasarkan. Beberapa jenis produk dari Negara China memiliki reputasi kurang baik dari para konsumen. Tidak seperti HP China dan iPhone China, Sepeda Motor keluaran China justru redup di pasaran. Kualitas produk buatan China memang selalu dipertanyakan, terlebih untuk jenis motor dan produk kelistrikan. Konsumen lebih selektif memilih produk, dengan pertimbangan keselamatan. Dengan membanjirnya produk China di Indonesia, penggunaan Standard Nasional Indonesia penting untuk melindungi konsumen, dan menekan masuknya produk dari China.

Leave a Reply



  



  

  


XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
 
 

Copyright © 2009 impor.org. | Copyright 2009 | All Rights Reserved | Privacy Policy.