impor.org

Info Impor Indonesia

 

Trik Membuka Pasar Luar Negeri

Posted on March 3rd, 2011 by Yusnu Iman Nurhakim

membuka pasar luar negeriPerusahaan yang ingin berkembang dan maju harus bisa memperluas jaringan pasar. Perdagangan di dalam negeri yang sudah jenuh dapat disikapi oleh oleh pengusaha dengan membuka perdagangan ke luar negeri. Perusahaan yang sukses di pasar luar negeri diperoleh dari pembuatan rencana dan strategi yang matang. Potensi sumber daya pasar luar negeri harus diketahui dan dipetakan secara jelas oleh perusahaan. Dengan demikian, penerapan strategi dan rencana dapat berjalan sesuai target dan harapan. Analisis SWOT dapat membantu pembuatan rencana dan strategi membuka pasar luar negeri.

Keunggulan atau kelebihan barang ekspor yang dimiliki oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan pasar internasional. Barang ekspor yang memiliki kelebihan pada kekhasan dan keunikan misalnya batik, kerajinan ukir gebyok kudus dan kopi luwak. Barang ekspor seperti ini sulit ditiru dan dijiplak oleh produksi buatan luar negeri. Produk ekspor seperti ini akan dengan mudah membuka pasar luar negeri.

Produk nasional mampu membuka pasar luar negeri karena produk tersebut memiliki pangsa pasar yang khusus dan spesifik. Contoh produk nasional yang seperti ini yaitu mi instant. Konsumen yang membeli produk ini telah akrab dan loyal dengan produk tersebut di tempat asalnya. Konsumen seperti ini sangat fanatik dan sulit beralih pada produk lain yang sejenis.

Di negara tujuan ekspor, Barang ekspor kita tidak dapat diproduksi oleh negara yang bersangkutan. Hal itu disebabkan oleh perbedaan iklim di negara pengimpor dan pengekspor. Contoh produk ekspor yang seperti ini yaitu crude palm oil (CPO) dan lateks. Pasar internasional akan dengan sendirinya membuka pasar luar negerinya untuk mendapatkan produk ekspor seperti ini.

Perusahaan harus mengetahui kekurangan atau kelemahan barang ekspornya. Misal, barang ekspor memiliki kandungan bahan kimia yang dilarang di negara tujuan ekspor. Barang tersebut tidak dapat bertahan lama selama pengangkutan atau mengikuti prosedur ekspor. Kadangkala perusahaan menjalani prosedur yang lama dan birokratis. Hal ini mengakibatkan produk ekspor rusak. Perusahaan dapat menggunakan kemajuan teknologi untuk mengatasi kelemahan barang ekspornya.

Perusahaan yang tidak dapat membuka pasar luar negeri sering terkendala dengan standar mutu internasional yang sangat tinggi, tidak memiliki sertifikat ramah lingkungan dan apresiasi konsumen luar negeri yang rendah terhadap produk ekspor kita. Perusahaan lebih baik menghindari pasar internasional yang menggunakan standar ketat seperti ini dan beralih ke negara tujuan ekspor yang memiliki peraturan ekspor-impornya longgar.

Strategi pemasaran dengan cara memahami metode bisnis di negara tujuan ekspor. Hal ini akan membuka peluang terbuka lebar untuk barang ekspor kita dapat diterima oleh pasar di negara tujuan ekspor. Pemasaran barang ekspor dengan cara mengikuti pameran dagang, mendaftar di trade directories dan kontak langsung dengan perusahaan yang berminat akan memperbesar peluang masuk ke dalam pasar internasional.

Peluang emas dapat diperoleh oleh perusahaan dengan memperhatikan prosedur ekspor di dalam negeri dan luar negeri. Di dalam prosedur ekspor terdapat pengenaan tarif bea cukai. Tarif bea yang rendah hingga nol persen merupakan peluang yang bagus untuk membuka pasar luar negeri. Pemerintah mengeluarkan kebijakan perdagangan internasional terhadap komoditas tertentu dengan kemudahan prosedur ekspor yang sederhana dan cepat. Hal ini tentu saja kesempatan emas bagi perusahaan yang akan membuka pasar luar negeri.

Perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran dengan pendekatan tradisi kebudayaan di negara tujuan ekspor. Perusahaan yang memahami karakter pengusaha di negara tujuan ekspor akan lebih mudah mendapatkan mitra dagang yang cocok.

Ancaman yang sering menghambat barang ekspor dalam negeri tidak dapat diterima oleh pasar internasional yaitu prosedur ekspor. Prosedur ekspor yang kaku dan kurang aplikatif menutup kesempatan barang ekspor memasuki pasar internasional. Hambatan lain yaitu aturan dan pengenaan tarif tidak resmi membuat biaya ekonomi sangat tinggi. Oleh karena itu, perusahaan harus selalu mencermati peraturan ekspor impor dan mengikuti perkembangan perdagangan nasional dan internasional.

Leave a Reply



  



  

  


XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
 
 

Copyright © 2009 impor.org. | Copyright 2009 | All Rights Reserved | Privacy Policy.